16 Cara jitu tingkatkan Pageviews Blog

Page views?Penting untuk sebuah blog,karena ini merupakan banyaknya klik atau orang yang melihat blog atau postingan kita.Setiap blogger tentunya menginginkan page views yang tinggi. Mengapa? Selain menunjukkan kualitas konten blog, page views yang tinggi juga merupakan salah satu daya tarik untuk para pemasang iklan.
Bagaimana cara meningkatkan page views? Di bawah ini 16 caranya yang saya rangkum dari pengalaman sendiri.

Faktor eksternal

Faktor eksternal ini adalah jumlah pengunjung. Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi pula page views. Di bawah ini cara-cara meningkatkan pengunjung.

1. SEO
Search engine optimization (SEO) merupakan upaya menoptimasi blog untuk mejaring pengunjung dari mesin pencari. Semakin bagus posisi blog atau postingan di mesin pencari (misal di halaman satu Google), maka semakin besar pula peluang mendapatkan pengunjung. Jika Anda tertarik dengan SEO, silakan baca postingan saya sebelumnya yaitu membuat blog cepat terindex search engine(termasuk Google)

2. Blogwalking
Blagwalking adalah mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog tersebut. Semakin rajin Anda blogwalking, semakin besar pula dikunjungi oleh pemilik blog atau pengunjung blog bersangkutan yang tertarik terhadap komentar Anda. Agar efektif, berikan komentar yang berkualitas saat Anda blogwalking sehingga memancing ketertarikan blogger lain untuk mengunjungi blog Anda.

3. Kirim postingan ke situs sosial bookmarking
Anda bisa mendaftarkan postingan Anda ke beberapa situs sosial bookmarking. Untuk blog bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan Lintas Berita dan InfoGue. Jika postingan Anda ada yang menjadi artikel hot, maka jumlah pengunjung dari situs ini sangat besar yaitu mencapai ribuan orang per hari.

4. Aktif di forum
Forum merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan postingan. Biasanya Anda membuat thread atau link ke postingan Anda. Bila postingan Anda menjadi ngetop, jumlah pengunjung yang didapatkan tidak jauh beda dengan jumlah pengunjung dari situs sosial bookmarking.

5. Menjadi blogger tamu
Dengan menjadi blogger tamu di blog ternama, Anda berkesempatan untuk melink ke postingan atau homepage Anda. Dengan demikian, peluang mendapatkan banyak pengunjung semakin besar.

6. Direferensikan oleh blogger lain
Pengunjung akan meningkat bila ada blogger lain yang mereferensikan postingan atau blog Anda. Terlebih bila yang mempromosikannya adalah blogger terkenal. Tentunya ini bergantung kepada kualitas konten yang Anda miliki.

7. Buat sesi RSS di blog Anda yang lain
Sesi ini sangat mudah dibuat di wordpress karena ada widget RSS. Dengan mengaktifkan widget ini, maka postingan terbaru Anda akan muncul di blog Anda yang lain. Secara pribadi, saya menempatkan sesi RSS di Blogotainmen dan blog gratisan saya sehingga postingan terbaru Blogodolar muncul secara otomatis.

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor-faktor yang membuat pengunjung nyaman dan tertarik membuka postingan Anda.

8. Desain tampilan blog agar loadingnya tidak bermasalah
Apapun hosting dan theme/template yang Anda gunakan, desainlah blog Anda agar loading time-nya cepat. Dengan demikian, pengunjung tidak terganggu dalam membuka postingan Anda. Trik-trik di bawah ini bisa digunakan untuk memperoleh loading time yang relatif cepat:
  • Sedikit mungkin memasang banner yang terbuat dari java script.
  • Seoptimal mungkin mengguanakan widget. Secara pribadi saya hanya menggunakan kurang dari 10 widget dan hanya menaruhnya di sidebar.
  • Gunakan plugin seperlunya. Hapus juga plugin yang tidak digunakan agar tidak memakan tempat di database hosting.
9. Buat Judul yang menarik

Bila Anda mengunjungi suatu blog, mungkin saja Anda mengklik beberapa postingan yang ada di blog tersebut. Mengapa? Hal ini karena Anda tertarik ingin mengetahui lebih jauh isi postingan tersebut. Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik. 

10. Buat internal link 
Buat intenal link ke postingan Anda sebelumnya jika postingan yang Anda buat ada hubungannya.  Jumlah link internal pun harus proporsional agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca. Jangan lupa, berilah warna link sejelas mungkin agar mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

11. Buat Postingan Serial
Postingan serial adalah postingan bersambung dari satu topik yang tidak mungkin dibahas dalam satu postingan. Misalnya saja Anda akan menulis topik Mike Tyson. Postingan serial yang bisa Anda buat antara lain 10 Petinju yang di KO Mike Tyson dalam Satu Ronde, 5 Petinju yang Mengalahkan Mike Tyson, dan 10 Petinju yang Susah Dikalahkan Mike Tyson.
Bila pengunjung menemukan salah satu tulisan di atas, besar kemungkinan dia akan melihat 2 postingan yang lainnya karena memang sambung menyambung.

12. Buat sesi postingan terkait
Tidak semua postingan harus disisipi link internal. Agar pengunjung mengetahui postingan relevan dengan postingan yang tidak ada link internalnya, maka buatlah sesi postingan terkait. Bila Anda menggunakan wordpress.org, postingan terkait dibuat dengan menggunakan plugin.

13. Buat sesi postingan terpopuler dan terbaru
Postingan terpopuler akan bermanfaat bagi pengunjung baru, sehingga ia bisa mengenali postingan mana yang paling banyak dibaca di blog Anda. Adapun postingan terbaru akan memberikan informasi terkini, baik kepada pengunjung baru ataupun pengunjung lama.

14. Buat navigasi sesederhana mungkin
Navigasi di sini adalah halaman, kategori, tempat pencarian, dan arsip yang mudah dikenali dan dilihat pengunjung. Oleh karena itu, sediakan dan buatlah navigasi yang mudah dikenali pengunjung. Misalnya, pengunjung dapat dengan mudah melihat arsip Anda pada 6 bulan yang lalu. Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan plugin Wp-Archives untuk membuat arsip yang lebih informatif.

15. Tempatkan Iklan PPC secara proporsional
Postingan yang dipenuhi iklan akan membingungkan pembaca sehingga besar kemungkinan ia akan lekas kabur dari blog Anda. Oleh karena itu, tempatkanlah iklan tersebut secara proporsional, misal di bawah postingan saja.

16. Kuantitas postingan
Selain kualitas, kuantitas postingan juga berpengaruh terhadap page views. Semakin banyak jumlah postingan, semakin banyak pula postingan yang bisa dibaca pengunjung.

Share this article :

+ komentar + 89 komentar

31 Juli 2011 pukul 19.01

Nice info..... Mantab banget, ajib dah.....

31 Juli 2011 pukul 19.08

kalau yang sering saya lakukan point ke dua gan .
simple sih , hehe :D

31 Juli 2011 pukul 19.11

wah banyak juga caranya buat ningkatin pageviews, ijin nyoba sobbb

31 Juli 2011 pukul 19.14

Patut saya coba, karena blog saya msh sepi pengunjung...
http://mainpedia.blogspot.com

31 Juli 2011 pukul 19.51

ane percaya gan :D
perlu di coba
alexa nya ja dah sexy banget
hehehe :D

31 Juli 2011 pukul 19.55

ada yang kurang mungkin, SEO juga di dukung dengan melakukan submit ping, yang terkenal adalah pingoat dot com.
Semoga bermanfaat

31 Juli 2011 pukul 20.08

ini nih yang ane carii...
nice post mbah gan ... :D
pisss...

31 Juli 2011 pukul 21.33

Untuk poin ke 6 kita hanya bisa banyak-banyak berdoa gan agar ada yang mau mereferensi blog kita apalagi kaya Kebarongan yang masih baru.

31 Juli 2011 pukul 22.19

Lagi-lagi SEO,,ini yang terpenting bagi para blogger,,saya justru ketinggalan banget kalau udh berbicara tenang SEO, baik dalam meningkatkan pagevoew ataupun yang lainnya,,tapi good artikelnya,,patut dicoba,,

1 Agustus 2011 pukul 00.36

Mantap, mas...... tp, kadang2 saya males blog walking. kenapa, ya???

1 Agustus 2011 pukul 01.39

Makasih gan infonya, di coba dulu yah. kebetulan blog ane sepi bgt ne semenjak deindex google.

1 Agustus 2011 pukul 01.41

Kalau saya pribadi, aktif berkunjung dan koment ke blog orang lain aja..

Ya InsyaAllah dapat kunjungan balik..

1 Agustus 2011 pukul 02.32

hehe.. mantap sipp infonya :)

1 Agustus 2011 pukul 06.50

Sangat menarik sekali, memang harus aktif :)

1 Agustus 2011 pukul 17.35

Nice post nih. :)

1 Agustus 2011 pukul 19.34

ttg point yg no.14 sob,klo ga' slh dl sy prnh bc dmn gitu katanya arsip malah justru kurang baik krn bkin konten jd double.Mhn ptunjuknya sob,thx sblmnyattg point yg no.14 sob,klo ga' slh dl sy prnh bc dmn gitu katanya arsip malah justru kurang baik krn bkin konten jd double.Mhn ptunjuknya sob,thx sblmnya

2 Agustus 2011 pukul 10.06

Jika semau bisa dilaksanakan dengan benar dan terorganisir dengan baik hasilnya akan baik.
Terus semangat sobat dan berkarya terus untuk kita semua,apalagi yang sedang membutuhkan sangat membantu sekali.
Salam PERSAHABATAN dan suksesok

2 Agustus 2011 pukul 18.35

1. Tipsnya bagus banget, yang paling saya suka adalah membuat postingan serial karena saya lagi mengerjakannya (tapi belum rampung)…

2. Lebih dari 50% redaksi postingan ini sama dengan postingan yang ada di http://www.blogodolar.com/16-cara-jitu-meningkatkan-page-views-blog/
Apa pemiliknya sama atau ????

4 Agustus 2011 pukul 00.45

nice posting and nice info :) salam sukses selalu kawan

4 Agustus 2011 pukul 20.10

nice post sob..

4 Agustus 2011 pukul 23.25

bener baget gan ane sejutu sama point di atas . . . NICE POST . . .

Anonim
5 Agustus 2011 pukul 10.30

ane cuma dua gan.. blogwalking sama juga jadi tamu blogger,,
dan aktif di forum..

ane aktif di forum bb17..gan,,,hehehe... itu trik ane gan..

soalnya kalau di indonesia,, bb17 lebih maju dr yg lain..wkkwkwkw

6 Agustus 2011 pukul 01.25

perlu di terapkan iki kang.. hatur tengkyu info nya kang :)

7 Agustus 2011 pukul 05.29

Assalamualaikum Wr. Wb. sobat...

Ada hadiah special untuk sobat diblogku, silahkan diambil sob...

Thank's...

9 Agustus 2011 pukul 14.43

Semakin Besar Pageview Semakin Besar Uang Mengalir ya gan ,., hehehehehe

10 Agustus 2011 pukul 04.25

Nice Info Gan

10 Agustus 2011 pukul 06.13

Cara yang sahabat paparkan semuanya bagus, namun saya sendiri hanya menjalankan yang no.2 dan 5 maklum banyak pkerjaan di darat hehehe :)

10 Agustus 2011 pukul 08.11

Jitu banget nih caranya... nice info kawan...

11 Agustus 2011 pukul 04.46

salam sahabat
yang lebih susah nerapin SEO karena ini penjabarannya sangat luas banget
makasih dan udah saya follow mas

makasi kk, atas infony sanga bermanfaat akan sy peraktekan buat kontes SEO pertama sy :D

wah makasi kk atas infony sangat bermanfaat untuk kontes SEO sy :D
btw dsuport y :D

12 Agustus 2011 pukul 02.54

infonya menarik ini.. makasih Gan

Anonim
16 Agustus 2011 pukul 19.37

saya juga pake yang seperti itu,,

17 Agustus 2011 pukul 12.55

info yang mantap Mas! :)

18 Agustus 2011 pukul 01.36

wuuhh...
oke-oke.
akan saya coba.

19 Agustus 2011 pukul 22.38

Artikel yang menarik, sehingga bisa dibuat catatan buat saya yang br belajar ngeblog... :)

15 September 2011 pukul 00.48

wah mantap ya mas,boleh dah di cobin itung2 beljar.

30 September 2011 pukul 05.44

trims sarannya saya coba deh mas. makasih

4 Oktober 2011 pukul 02.03

sangat menarik sob, Untuk submit directori yang konten lokal bagaiamna sob?

5 Oktober 2011 pukul 01.09

Info yang bermanfaat..... bagi pemula seperti kami ini.....

Trims

26 Oktober 2011 pukul 20.26

wah thanks mas, saya praktekan..
mampir juga ke web blog saya ya www.bungahitam.tk

7 November 2011 pukul 02.23

Banyak belajar di sini sobat...maklum baru belajar ngeblog

13 November 2011 pukul 03.29

Wah sangt menarik sobat.Yang sering di jalankan BW, Internal link Artikel,ke forum.Izin untuk menambahin lagi sob.

16 November 2011 pukul 22.56

mantap infonya gan,mampir gan ke bloggku, klik like facebook dibayar:http://ikhtiyaruddinsblog.blogspot.com/2011/09/dapat-uang-dengan-mengklik-like.html

28 November 2011 pukul 20.58

Kembali lagi menyimak kembali sob.

16 Desember 2011 pukul 22.29

Patut dicoba nih!
Visit back:coretanrifqi.blogspot.com

18 Desember 2011 pukul 14.07

wahhh ane cobain tip n triknya sob...salam kenal n sukses selalu.thanks

19 Desember 2011 pukul 06.14

terimakasih buat infonya.. kebetulan saya marketing.. online sip.. banget

20 Desember 2011 pukul 20.50

Mengucapkan Nic Info gan

23 Desember 2011 pukul 17.46

nice share information my friend, thanks :-)

25 Desember 2011 pukul 07.16

ok ok

28 Desember 2011 pukul 19.07

sep bos matab, trimaskasih infonya

28 Desember 2011 pukul 19.14

ini yang gua cari makasih bro tas infonya oke

1 Januari 2012 pukul 19.25

beh mantap sob,, info yg kayak gini nih yg sy butuhkan.. blog sy masih ijo jg.. hehe

mampir ke blog saya yah kalo sempat sob :)

4 Januari 2012 pukul 00.24

Tips yang bagus sekali gan, saya masih mencoba masih no.1 sampai no.7 aja gan :d. Terima kasih iya atas informasinya :d.

18 Januari 2012 pukul 07.41

waaah info yang bagus,ngga salah nih berkunjung ke blog yang satu ini...
makasih infonya..

28 Januari 2012 pukul 03.51

mantap tips nya kawan,,,,,pasuntuk saya yang baru belajar

31 Januari 2012 pukul 02.37

akan ane ingat selalu tips dari sobat. thanks, info yg menarik n sangat bermanfaat.....

6 Maret 2012 pukul 05.44

saya rasa untuk dapat pengunjung bukanlah hal yg gmpang.. :(
yah, yang jlas, anda sedikit membantu saya dalam mendapatkannya

14 Maret 2012 pukul 06.15

sangat informatif..

19 Maret 2012 pukul 13.56

nice info kang, ini infonya sangat bermanfaat

1 April 2012 pukul 09.12

hadir lagi menyapa kawan :)

Anonim
28 April 2012 pukul 21.30

mantap gan triknya, lumayan untuk bekal blogger newbie :D

3 Mei 2012 pukul 21.47

terimakasih sudah berbagi info sob, jangan lupa mampir

9 Mei 2012 pukul 01.48

Ditunggu sobat trik tingkatin pageviews versi 2012 nya. Thks dan salam sukses selalu

Anonim
26 Mei 2012 pukul 00.53

blog walking gan :p

27 Mei 2012 pukul 16.12

wah infonya bagus sob..
sangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)




#Happy BLogging :D

29 Mei 2012 pukul 07.39

mantap nih tipsnya. boleh dicoba nih :)
thanks.

4 Juni 2012 pukul 08.04

mantap om tips nya :)

21 Juni 2012 pukul 21.29

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

24 Agustus 2012 pukul 20.17

Makasi informasinya,, semoga makin bertambah ilmu SEO nya mas.. salam blogger

24 Agustus 2012 pukul 20.18

I was lazy to actually go and other people's comments on the web .. but this time I was eager to comment here, after reading his article, go read it!
^ _ ^

24 Agustus 2012 pukul 20.27

Mantap,, rate terbaik dah buat blog nya , terutama buat postingan yang ini ...
salam blogger.

26 Agustus 2012 pukul 21.51

Koyo kaki penyerap racun tubuh produk Green Life Foot Patch Gold merupakan sebuah lembar koyo produk unggulan yang benar - benar terbuat dari bahan alami. Dan masih banyak manfaat lainnya silahkan kunjungi

www.agenkoyo.blogspot.com

3 September 2012 pukul 08.00

bener baget gan ane sejutu sama point yang di atas tambahain gan biar banyak

7 September 2012 pukul 19.52

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

12 September 2012 pukul 04.52

TUKER LINK...LINK SUDH TERPASNG PASNG BALIK YH

17 September 2012 pukul 00.48

oh begitu yaa... terima kasih telah berbagi ilmu, dicoba ah :)

25 November 2012 pukul 18.17

Ini baru trik master yang terbukti lengkap, jitu dan PV mestinya harus meningkat drastis. Thks ya

29 November 2012 pukul 18.35

nice artikel gan, sukses selalu ya.

4 Desember 2012 pukul 21.15

Oohhh begitu toohh...
saya baru belajar ngeblog, masih agak puyeng.
untung ketemu blog agan (y)
tengkiyuh yaaa... :)

Mampir ke blog ku yah, komen, saran, dan kritiknya sangat diharapkan lho :)

7 Desember 2012 pukul 05.54

Belajar sambil cari duit, blogwalking asal rajin jalan tamu datang pasti rame pula ... Thks ya juragan atas share nya

25 Desember 2012 pukul 03.14

.. wachhhhh,, aq gak paham ttg SEO. gimana nich?!? he..86x. oia kunjungan perdana ..

25 Januari 2013 pukul 20.21

klo blogger awal sih mending blogwalking sob :)

28 Januari 2013 pukul 08.19

thanks infonya gan...

mampir ke blogku juga ya www.serbakuis.blogspot.com

2 Februari 2014 pukul 04.33

wahh boleh juga tuh infonya.
visit blog saya juga ya www.lightmire.blogspot.com

24 Oktober 2014 pukul 07.07

Tips yang sangat bermanfaat, ditambah template yang bagus juga bisa membuat pengunjung betah...

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda setelah membaca artikel diatasTerima kasih untuk tidak berkomentar yang berunsur SPAM.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Just for Fun | Trick blogger | Dunia Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger